Skip to main content

Membantu Pasien Diabetes Melitus Agar Bisa Sembuh

Dengan kebiasaan yang dijalani orang Indonesia, diabetes jadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah ini bisa menyerang setiap orang meski umumnya dialami oleh orang tua. Tak hanya itu, diabetes juga bisa menjadi komplikasi apabila tidak dirawat sejak dini. Namun, sudah tahukah Anda cara untuk merawat pasien diabetes? Sebab, merawat pasien diabetes tidak sekadar mencari obat dengan beli saja di goapotik secara praktis melainkan juga harus dilakukan dengan cara yang tepat.


Kenali Penyakit Diabetes yang Diderita

Diabetes selama ini dianggap sebagai penyakit bagi orang-orang yang kelebihan gula. Anggapan ini jelas bukan suatu hal yang salah mengingat kadar gula dalam darah jadi salah satu indikator utama apakah seseorang bisa menderita diabetes melitus atau tidak. Tapi, lebih dari sekadar kelebihan gula darah, diabetes juga perlu dikenali terutama tipe diabetes manakah yang diderita.

Pada dasarnya, ada dua jenis diabetes yang umum diderita oleh setiap orang yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Pada kondisi diabetes melitus tipe 1, tubuh kekurangan insulin atau bahkan tidak memproduksi insulin sama sekali. Insulin berguna untuk mengubah glukosa atau gula menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, diabetes tipe 2 terjadi ketika sel tubuh menjadi kebal atau tidak lagi responsif terhadap hormon insulin hingga mengakibatkan gula darah meningkat. Keduanya punya metode pengobatan yang berbeda dan perlu diketahui terlebih dahulu.

Pilih Makanan dengan Kandungan Serat yang Tinggi

Selama ini, makanan dengan kandungan serat yang tinggi dikenal baik bagi tubuh manusia. Ya, kandungan serat yang tinggi sangat berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Tapi, tak hanya itu, makanan dengan kandungan serat yang tinggi juga sangat berguna bagi Anda para penderita diabetes melitus.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membantu para penderita diabetes agar tidak terlalu sering mengonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti nasi. Selain itu, makanan berserat juga telah teruji mampu mengurangi lemak darah dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah melalui pengurangan resistensi insulin. Beberapa makanan dengan kandungan serat yang tinggi dan bisa Anda pilih antara lain seperti sayuran, kacang polong dan buah-buahan.

Referensi artikel: https://www.guesehat.com/luka-lama-sembuh

Comments

Popular posts from this blog

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari.

Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya.

Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu.


Ngomongin te…

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai.


Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat.

Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidikan mulai …

Kandungan Penting pada Shampo untuk Rambut Rontok

Berbagai merek shampo untuk rambut rontok menawarkan kemampuan memperbaiki masalah rambut rontok. Nyatanya, untuk dapat memilih yang terbaik, pastikan shampo tersebut mengandung setidaknya salah satu dari senyawa aktif yang berperan mengatasi rambut rontok.


Kandungan Senyawa Aktif untuk Mengatasi Kerontokan Ada berbagai senyawa alami yang harus terkandung dalam shampoo agar memperbaiki masalah rambut rontok.

1. Ginseng Ginseng adalah akar-akaran yang populer dikenal berasal dari Korea Selatan. Ginseng ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kesehatan tubuh namun juga baik untuk rambut. Kemampuan ginseng untuk memperbaiki pertumbuhan rambut ini telah dipublikasikan lewat Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Molekular yang membuktikan ginseng dapat mengontrol aktivitas protein. Aktivitas protein ini bertanggung jawab terhadap siklus tumbuhnya rambut.

Menggunakan shampoo dengan kandungan ginseng mampu memperbaiki siklus pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih tebal. …