Skip to main content

Berencana Lakukan Efisiensi Bisnis? 3 Cara Ini Bisa Dilakukan

Efisiensi bisnis menjadi hal yang penting dalam sebuah perusahaan. Hal ini menjadi penting karena dengan efisiensi, perusahaan dapat meningkatkan performanya. Bagaimanapun kondisi perusahaan, efisiensi menjadi pilihan untuk bisa bersaing.


Persaingan bisnis yang ketat membuat banyak perusahaan semakin membutuhkan peningkatan efisiensi. Perusahaan yang memiliki efisiensi yang tinggi mencerminkan kemampuannya dalam menyelsaikan semua pekerjaan sesuai dengan target waktunya. Efisiensi bisnis dapat menurunkan baya operasional dan membuat perusahaan menjadi efektif.

Masih banyak pemilik bisnis yang bingung untuk melakukan efisiensi dalam bisnis mereka. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Apa saja? Simak di sini.

1. Jangan buat karyawan melakukan pekerjaan multitasking

Multitasking bukanlah cara untuk mencapai target lebih banyak, justru yang akan terjadi adalah sebaliknya. Perusahaan seperti creative agency rentan terhadap hal ini. Misal ada project pembuatan design company profile untuk klien dengan deadline ketat, sangat lumrah si pemimpin agency tersebut akan memerintahkan karyawannya untuk multitasking, mulai dari design hingga copywriting, demi mengejar deadline.

Baca juga: contoh design annual report professional

Karyawan tidak bisa fokus dan tak mampu mencapai apapun. Daripada membuat para karyawan melakukan banyak pekerjaan sekaligus, akan lebih baik jika mereka fokus mengerjakan satu hal dalam satu waktu. Dengan begitu, tugas mereka akan selesai dan fokus mereka tak terbagi ke banyak pekerjaan.

2. Beralih ke digital pada beberapa bidang tertentu

Cara ini menjadi cara termudah untuk melakukan efisiensi bisnis. Banyak pekerjaan yang dilakukan secara manual justru membuat karyawan tak bisa mengerjakannya dengan tepat. Untuk itu, digitalisasi memang dibutuhkan untuk menghapus berbagai tugas yang membosankan. Digitalisasi bisa dilakukan di berbagai lini seperti misalnya izin cuti melalui email dan lain sebagainya. Digitaliasi juga membantu mencegah terjadinya kesalahan data.

3. Buat program manajemen tugas

Dengan adanya program manajemen tugas, karyawan akan mengetahui tugas apa yang sebaiknya mereka kerjakan terlebih dahulu, kapan tenggat waktu tugas tersebut dan lain sebagainya. Program juga dapat membantu untuk memantau perkembangan setiap tigas yang dilakukan. Perkembangan dan pembagian informasi perusahaan kepada karyawan menjadi efisien dan bisa dipantau dengan baik.

4. Melakukan outsourcing dengan tepat

Beberapa pekerjaan atau fungsi tertentu di perusahaan Anda mungkin bisa menggunakan jasa outsourcing. Misalnya pekerjaan yang sifatnya tidak rutin atau hanya sesekali, atau perusahaan Anda tiba-tiba mendapatkan project besar namun dadakan, sehingga membutuhkan tambahan sumber daya secara cepat. Dalam contoh seperti ini, melakukan outsourcing akan lebih efisien.

Efisiensi bisnis memang dianggap penting di tengah ketatnya persaingan bisnis di masa sekarang. Sayangnya, sebagian orang masih bingung untuk memulai hal tersebut. Tiga poin di atas bisa membantu Anda melakukan efisiensi dalam bisnis Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari.

Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya.

Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu.


Ngomongin te…

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai.


Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat.

Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidikan mulai …

Ini Daftar Ponsel Lipat yang Diprediksi Bakal Diluncurkan Tahun 2019

Sejumlah vendor seperti Samsung, Royole dan beberapa merk terkenal lainnya diprediksi bakal meluncurkan ponsel dengan fitur lipat pada tahun 2019 ini. Bahkan, Samsung dan Royole sebelumnya sudah memamerkan prototipe ponsel lipat yang akan diluncurkannya.


Selain Samsung dan Royole, beberapa vendor lainnya pun sudah mengumumkan rencana tersebut, meski belum memamerkan produk yang akan dirilisnya. Seperti dikutip harapanrakyat.com, berikut ini deretan ponsel dengan fitur lipat yang diprediksi bakal hadir di tahun 2019;

Samsung Sebagai vendor yang pernah sukses mengeluarkan produk ponsel lipat, Samsung rupanya perusahaan pertama yang mengumumkan rencananya untuk melahirkan ponsel dengan fitur lipat. Perusahan raksasa asal Korea ini sudah resmi mengumumkan ponsel pada Samsung Developer Conference (SDC) di tahun 2018 lalu.

Walaupun itu baru prototipe serta nama resmi ponselnya belum disebutkan, namun Samsung dibilang paling serius. Nama ponsel lipat ini dikabarkan antara seri Galaxy F, Gal…