Skip to main content

Mengenal Ragam Motif Batik Indonesia yang Paling Populer

Menjadi salah satu icon Indonesia yang dikenal di kancah internasional, batik seakan tak lepas dari benak kala berbicara tentang Indonesia. Dahulu, kain batik umumnya dikenakan sebagai pakaian tradisional. Namun seiring perkembangan zaman, batik Indonesia pun meluas penggunaannya. Bahkan kini banyak diadopsi untuk pakaian modern seperti kemeja, celana panjang, jaket, bahkan hingga aksesoris seperti tas, sarung bantal, tempat pensil dan lainnya. Karenanya penggunaan batik pun kini tidak selalu identik dengan tradisional, melainkan untuk kesan formal dan elegan pun bisa.


Kata batik awalnya berasal dari bahasa Jawa yaitu ambhatik. Amba berarti luas, lebar dan kain. Sedangkan bhatik artinya matik atau titik. Kedua kata tersebut berkembang hingga menjadi kata batik, artinya membuat titik-titik pada kain yang luas dan lebar.

Ragam Motif Batik Indonesia

Berbicara tentang motif, tentu Anda sering menemukan motif batik Indonesia yang berbeda antara satu dengan lainnya, begitupun dengan warnanya. Ada yang cerah, ada juga yang bernuansa gelap. Lalu, apa saja macam motif batik yang populer di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Batik Megamendung

Berasal dari Cirebon, motif batik ini mudah ditemukan. Khasnya adalah bentuk awan berwarna cerah mencolok seperti merah tua, biru, hijau tua dan ungu.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Terkenal sebagai daerah pengrajin batik, Pekalongan juga memiliki motif batik tersendiri. Ciri khasnya ialah gambar tumbuhan dan hewan. Dengan motif yang cukup “ramai”, akan pas jika dipadukan dengan bahan yang polos.

3. Batik Parang Rusak

Motif ini termasuk yang paling diminati oleh pecinta batik. Nama Parang Rusak ini ternyata sarat akan makna, yaitu peperangan manusia dalam melawan sifat yang buruk serta hawa nafsu selama hidupnya.

4. Batik Keraton

Batik ini pada mulanya dibuat oleh para putri dan pengrajin batik di keraton. Motif batik ini terkenal elegan dan berkelas. Bahkan pada awal kemunculannya dahulu, batik ini hanya boleh digunakan oleh orang tertentu saja.

5. Batik Priyangan Tasikmalaya

Ciri khas batik ini yaitu gambar rumput dan tumbuh-tumbuhan. Coraknya terkenal rapat dan rapi, menimbulkan terkesan berkelas.

6. Batik Lasem

Sesuai namanya, motif batik ini berasal dari daerah Lasem yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Timur. Batik Lasem umumnya didominasi dengan warna merah menyala, karena dipengaruhi oleh kebudayaan Cina.

7. Batik Bali

Batik Bali bisa dikenali dari dominasi gambar hewan seperti burung bangau, kura-kura dan rusa. Warna dasarnya pun terkenal cerah dan mencolok seperti kuning, ungu dan biru.

8. Batik Pring Sedapur Magetan

Jika Anda menyukai motif yang simple, Anda dapat memilih batik ini. Batik ini didominasi oleh gambar tanaman bambu. Tapi jangan salah, ternyata motif yang sederhana ini sarat akan makna, yaitu gambar bambu yang berdekatan berarti hidup rukun dan tentram.

9. Batik Malang

Selain terkenal dengan berbagai kuliner, ternyata kota di Jawa Timur ini juga memiliki batik khasnya. Motif batik Malang biasanya ditandai dengan gambar candi-candi dan warna yang menjadi ciri khasnya adalah warna-warna cerah.

10. Batik Betawi

Siapa bilang batik Indonesia hanya dimiliki oleh daerah-daerah? Ternyata, Jakarta sang ibukota juga punya batik. Yang menjadi ciri khas batik Betawi adalah padanan warna cerah mencolok dengan icon khas Betawi seperti pucuk rebung, ondel-ondel, gambang kromong dan nusa kelapa. Batik motif ini biasanya dipamerkan pada acara-acara kebudayaan tertentu.

Nah itu tadi beberapa macam motif batik dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga setelah membaca ulasan di atas, Anda tidak bingung lagi ya saat membeli batik.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Daftar Ponsel Lipat yang Diprediksi Bakal Diluncurkan Tahun 2019

Sejumlah vendor seperti Samsung, Royole dan beberapa merk terkenal lainnya diprediksi bakal meluncurkan ponsel dengan fitur lipat pada tahun 2019 ini. Bahkan, Samsung dan Royole sebelumnya sudah memamerkan prototipe ponsel lipat yang akan diluncurkannya.


Selain Samsung dan Royole, beberapa vendor lainnya pun sudah mengumumkan rencana tersebut, meski belum memamerkan produk yang akan dirilisnya. Seperti dikutip harapanrakyat.com, berikut ini deretan ponsel dengan fitur lipat yang diprediksi bakal hadir di tahun 2019;

Samsung Sebagai vendor yang pernah sukses mengeluarkan produk ponsel lipat, Samsung rupanya perusahaan pertama yang mengumumkan rencananya untuk melahirkan ponsel dengan fitur lipat. Perusahan raksasa asal Korea ini sudah resmi mengumumkan ponsel pada Samsung Developer Conference (SDC) di tahun 2018 lalu.

Walaupun itu baru prototipe serta nama resmi ponselnya belum disebutkan, namun Samsung dibilang paling serius. Nama ponsel lipat ini dikabarkan antara seri Galaxy F, Gal…

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari.

Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya.

Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu.


Ngomongin te…

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai.


Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat.

Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidikan mulai …