Skip to main content

Inilah 6 Nutrisi yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil

Selama kehamilan, mencukupi kebutuhan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi hal yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya jika ibu hamil kekurangan nutrisi akan menyebabkan berbagai gangguan kehamilan, seperti berat badan lahir bayi kurang, tumbuh kembang bayi dalam kandungan terhambat, hingga resiko cacat bawaan lahir. Hal ini tentu tidak ingin dialami oleh siapapun saja yang sedang mengandung. Untuk itu penting sekali mengkonsumsi dan mencukupi nutrisi yang diperlukan selama kehamilan.


Agar bayi dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik, normal, dan sehat ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, sebagai berikut:

1. Zat besi

Zat besi berguna untuk membentuk hemoglobin untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa menghindarkan dari kondisi anemia selama kehamilan. Hal ini hampir sama pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare. Kekurangan zat besi selama kehamilan bisa beresiko menyebabkan bayi lahir dengan prematur. Zat besi bisa ditemukan pada bahan makanan, seperti sayuran hijau, ikan, tahu, telur, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

2. Karbohidrat

Karbohidrat juga perlu dikonsumsi selama kehamilan. Karena melakukan diet rendah karbohidrat selama kehamilan sangat beresiko melahirkan bayi cacat. Anda bisa memperoleh karbohidrat pada makanan yang mengandung zat tepung, seperti nasi, roti, pasta, dlsb.

3. Protein

Protein bisa dengan mudah ditemukan pada beberapa makanan, seperti daging, tempe, tahu, telur, susu, kacang-kacangan, dan ikan. Protein diperlukan untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Kekurangan asupan protein bisa menyebabkan terjadinya malnutrisi.

4. Asam folat

Asam folat diperlukan untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf. Makanan yang mengandung asam folat bisa ditemukan pada sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dlsb, serta dari buah alpukat, pepaya, dan kacang-kacangan.

5. Lemak dan kalsium

Lemak juga perlu dikonsumsi selama kehamilan, namun tentunya dengan jumlah yang cukup. Lemak bisa diperoleh dari biji-bijian, alpukat, dan kacang-kacangan. Selain itu juga perlu mencukupi kebutuhan kalsium yang bisa diperoleh dari susu, yoghurt, dlsb.

6. Vitamin dan serat

Seperti pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, vitamin dan serat juga diperlukan oleh ibu semasa kehamilan agar sistem pencernaan lancar dan tidak mengalami sembelit saat masa kehamilan. Vitamin dan serat bisa Anda temukan pada berbagai macam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Comments

Popular posts from this blog

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari.

Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya.

Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu.


Ngomongin te…

Kandungan Penting pada Shampo untuk Rambut Rontok

Berbagai merek shampo untuk rambut rontok menawarkan kemampuan memperbaiki masalah rambut rontok. Nyatanya, untuk dapat memilih yang terbaik, pastikan shampo tersebut mengandung setidaknya salah satu dari senyawa aktif yang berperan mengatasi rambut rontok.


Kandungan Senyawa Aktif untuk Mengatasi Kerontokan Ada berbagai senyawa alami yang harus terkandung dalam shampoo agar memperbaiki masalah rambut rontok.

1. Ginseng Ginseng adalah akar-akaran yang populer dikenal berasal dari Korea Selatan. Ginseng ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kesehatan tubuh namun juga baik untuk rambut. Kemampuan ginseng untuk memperbaiki pertumbuhan rambut ini telah dipublikasikan lewat Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Molekular yang membuktikan ginseng dapat mengontrol aktivitas protein. Aktivitas protein ini bertanggung jawab terhadap siklus tumbuhnya rambut.

Menggunakan shampoo dengan kandungan ginseng mampu memperbaiki siklus pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih tebal. …

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai.


Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat.

Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidikan mulai …