Skip to main content

Tips Mencegah Penyakit Stroke Secara Alami

Seiring bertambahnya usia, berbagai penyakit akan mulai menyerang. Salah satu jenis penyakit yang sering terjadi pada orang berusia lanjut adalah stroke. Ya, banyak orang yang kehilangan masa tuanya karena mengalami penyakit stroke, sehingga tidak bisa menikmati hidup. Selain membatasi ruang gerak, penyakit ini juga bisa berkembang pada level yang lebih buruk dan menyebabkan kematian.


Penyakit stroke bisa terjadi karena berbagai penyebab, namun salah satu faktor utamanya adalah gaya hidup. Sebelum penyakit tersebut menimpa diri anda, tentu saja anda harus melakukan langkah pencegahan sejak dini. Kami telah merangkum beberapa Tips Mencegah Penyakit Stroke Secara Alami. Langkah-langkah di bawah ini bisa anda jadikan sebagai pedoman dalam proses pencegahan terjadinya penyakit stroke. Selamat menyimak.

Tips Mencegah Penyakit Stroke Secara Alami


Dibawah ini beberapa cara untuk mencegah agar anda tidak terkena penyakit stroke menurut Dr Boyke Dian Nugraha, cara yang harus dilakukan pun sangat mudah dan anda pasti bisa melakukannya, cara tersebut diantaranya yaitu;

Berolahraga Rutin

Langkah ini mungkin terdengar sangat klasik, namun pada faktanya olahraga memang sangat penting bagi kesehatan dan sebagai langkah pencegahan terjadinya penyakit stroke. Olahraga rutin akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah sehingga bisa terus bekerja secara optimal. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab utama penyakit stroke adalah karena tubuh kurang bergerak disertai gaya hidup yang bermalas-malasan. Maka dari itu anda harus melakukan olahraga secara rutin dengan jadwal yang teratur. Olahraga yang dimaksud tidak harus berupa olahraga berat yang memporsir stamina. Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti bersepeda atau jogging di pagi hari.

Menghindari Miras Atau Alkohol

Minuman keras atau alkohol bisa memicu tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kedua hal tersebut sangat berpotensi menimbulkan gangguan pada sistem peredaran darah, yang pada akhirnya menyebabkan penyakit stroke. Selain itu, miras dan alkohol juga akan berdampak buruk pada kesehatan secara menyeluruh, dan membuat seseorang memiliki kepribadian yang tidak stabil. Hindarilah segala macam minuman yang beralkohol tinggi dan memabukkan. Mulailah hidup sehat dengan menjauhi minuman tersebut.

Berhenti Merokok

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segeralah berhenti sebelum kebiasaan tersebut menggerogoti tubuh anda. Salah satu efek buruk dari merokok adalah penyakit stroke yang mematikan. Ya, kebiasaan merokok akan membuat pembuluh darah menjadi sempit disertai penggumpalan yang merusak sistem kardiovaskular.

Pola Makan Sehat

Pola makan sehat tentu sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. Penyakit tersebut bisa dipicu oleh kadar kolesterol jahat yang tinggi dan tidak lancarnya sistem peredaran darah. Maka dari itu hindarilah beberapa jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebaliknya, mulailah mengatur pola makan sehat dengan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, minum air putih sangatlah penting bagi kesehatan secara menyeluruh dan dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Jika seseorang kekurangan air putih dan mengalami dehidrasi, maka hal tersebut akan memicu pembekuan darah dan menganggu peredarannya pada otak. Oleh karena itu minumlah air putih secara rutin minimal delapan gelas sehari.

Itulah beberapa Tips Mencegah Penyakit Stroke Secara Alami yang diambil dari artikel kesehatan milik dokter ternama di Indonesia. Lakukanlah langkah di atas step by step supaya anda bisa terhindar dari penyakit mematikan tersebut. Jangan sampai anda menyesal dikemudian hari hanya karena menyepelekan langkah-langkah di atas.

Ya, penyesalan selalu terjadi di masa tua. Maka dari itu, lakukanlah langkah pencegahan sejak dini selagi anda masih memiliki kesempatan. Sekian ulasan kami tentang Cara Mencegah Penyakit Stroke, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai.


Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat.

Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidikan mulai …

Ini Daftar Ponsel Lipat yang Diprediksi Bakal Diluncurkan Tahun 2019

Sejumlah vendor seperti Samsung, Royole dan beberapa merk terkenal lainnya diprediksi bakal meluncurkan ponsel dengan fitur lipat pada tahun 2019 ini. Bahkan, Samsung dan Royole sebelumnya sudah memamerkan prototipe ponsel lipat yang akan diluncurkannya.


Selain Samsung dan Royole, beberapa vendor lainnya pun sudah mengumumkan rencana tersebut, meski belum memamerkan produk yang akan dirilisnya. Seperti dikutip harapanrakyat.com, berikut ini deretan ponsel dengan fitur lipat yang diprediksi bakal hadir di tahun 2019;

Samsung Sebagai vendor yang pernah sukses mengeluarkan produk ponsel lipat, Samsung rupanya perusahaan pertama yang mengumumkan rencananya untuk melahirkan ponsel dengan fitur lipat. Perusahan raksasa asal Korea ini sudah resmi mengumumkan ponsel pada Samsung Developer Conference (SDC) di tahun 2018 lalu.

Walaupun itu baru prototipe serta nama resmi ponselnya belum disebutkan, namun Samsung dibilang paling serius. Nama ponsel lipat ini dikabarkan antara seri Galaxy F, Gal…

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari.

Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya.

Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu.


Ngomongin te…