Skip to main content

Asus Zenfone Max Pro M1 vs Xiaomi Redmi Note 5, Bagusan Mana?

Mendekati tahun baru, biasanya sih kita pengen punya sesuatu yang baru. Entah itu celana baru, baju baru, hingga gadget. Selain baju, gadget baru adalah yang paling banyak diburu karena tahun ini sebagian besar vendor smartphone mulai mengeluarkan model-model terbaru. Jadi wajar kalo tahun baru juga pengen nenteng hape yang modelnya kekinian (tanpa atau dengan notch).


Di kelas low end, ada dua smartphone yang sedang bersaing ketat yaitu Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1. Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing smartphone tersebut? Dan yang manakah yang lebih bagus? Mari kita cari tahu.

Performa untuk gaming

Pada dasarnya, kedua smartphone ini memiliki performa gaming yang mirip-mirip. Baik frame rate maupun kualitas grafik yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Walaupun mirip, namun sebagian besar game memang terasa jauh lebih smooth dan bisa menghasilkan grafik berkualitas tinggi jika dimainkan di Pro M1. Mengapa? Dukungan prosesor yang lebih baru dan lebih cepat adalah alasannya.
  • Redmi Note 5: 3/32 GB dan 4/32&64 GB
  • Zenfone Max Pro M1: 3/32GB dan 4&6/64GB

Chipset yang digunakan pada Zenfone adalah Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 yang didukung CPU Octa Core 1.8 GHz Kryo 260, GPU Adreno 509.
Sedangkan Redmi Note 5 mengandalkan Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dengan CPU Octa core 2.0 GHz cortex-A53. GPU Adreno 506.
Kamera

Zenfone hadir dengan dual kamera (kamera ganda) di belakang. Kamera tersebut bisa diandalkan untuk menghasilkan foto bokeh. Maksudnya, objek akan terlihat lebih fokus dengan latar belakang yang blur.

Sebaliknya, Xiaomi hanya menawarkan satu kamera di depan dan belakang. Soal hasil foto, kedua-duanya mampu memberikan kualitas foto yang mumpuni baik pada kondisi cahaya normal maupun saat minim cahaya.
  • Kamera Asus Zenfone Max Pro M1:
  • Belakang: Dual: 13 MP (f/2.2, 1.12µm) + 5 MP (f/2.4, 1.12µm), phase detection auto-focus, LED flash
  • Depan: 8 MP (f/2.2, 1.0µm), LED flash
  • Xiaomi Redmi Note 5:
  • Belakang: 12 MP (f/2.2, 1.25 μm)
  • Depan: 5 MP

Tapi sayang, di kondisi low light, kamera Zenfone terasa masih kalah tajam dibanding kamera depan Xiaomi.

Tapi, kamera depan Asus Zenfone Max Pro M1 tidak hanya berfungsi untuk mengambil foto selfie, melainkan, bisa juga digunakan sebagai fitur pengaman (face unlock).

Desain

Body kedua smartphone ini hampir identik. Kedua-duanya memiliki layar lebar berukuran 5,99 inci. Kedua-duanya memiliki sudut pandang yang luas dan mampu menghadirkan warna-warna tajam serta natural. Begitu juga dengan resolusi yang ditawarkan, kedua smartphone menawarkan resolusi tinggi yaitu 1080 X 2160 pixels.

Di bagian display, Xiaomi menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass yang tampaknya tidak hadir di smartphone Asus. Dan untuk mendukung performa kedua smartphone ini, masing-masing vendor telah membenamkan baterai berukuran besar.

Asus menanam baterai sebesar 5000mAh, begitu juga dengan Xiaomi yang mengandalkan baterai 4000mAh. Kedua-duanya bisa memberikan screen on time lebih dari 4 atau 5 jam saat bermain game berat. Untuk penggunaan biasa-biasa (normal) saja, baterai sebesar itu bisa memberikan screen on time hingga 10 jam.

Comments

Popular posts from this blog

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari. Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya. Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu. Perja

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai. Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat. Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidika

Mengenal Ragam Motif Batik Indonesia yang Paling Populer

Menjadi salah satu icon Indonesia yang dikenal di kancah internasional, batik seakan tak lepas dari benak kala berbicara tentang Indonesia. Dahulu, kain batik umumnya dikenakan sebagai pakaian tradisional. Namun seiring perkembangan zaman, batik Indonesia pun meluas penggunaannya. Bahkan kini banyak diadopsi untuk pakaian modern seperti kemeja, celana panjang, jaket, bahkan hingga aksesoris seperti tas, sarung bantal, tempat pensil dan lainnya. Karenanya penggunaan batik pun kini tidak selalu identik dengan tradisional, melainkan untuk kesan formal dan elegan pun bisa. Kata batik awalnya berasal dari bahasa Jawa yaitu ambhatik. Amba berarti luas, lebar dan kain. Sedangkan bhatik artinya matik atau titik. Kedua kata tersebut berkembang hingga menjadi kata batik, artinya membuat titik-titik pada kain yang luas dan lebar. Ragam Motif Batik Indonesia Berbicara tentang motif, tentu Anda sering menemukan motif batik Indonesia yang berbeda antara satu dengan lainnya, begitupun denga