Skip to main content

Tips Memilih Baju Batik untuk Kerja

Batik nggak melulu hanya cocok buat menghadiri acara-acara yang “berbau” adat dan budaya. Seperti pernikahan atau semacamnya. Karena saat ini, batik berkembang dengan sangat pesat dan tidak lagi ketinggalan zaman. Bahkan, batik modern cenderung lebih fashionable, sehingga bisa di dikenakan dalam berbagai kesempatan. Banya yang sudah membuktikan kalo baju batik juga terlihat keren saat dikenakan menghadiri acara-acara resmi, cukup gaul buat mejeng ke mall, dan bahkan... ada yang cukup trendy untuk dikenakan ke kantor.


Perkembangan batik membuat pilihan gaya maupun corak yang bisa kita gunakan semakin beragam dan banyak. Tapi, akan sangat bijak rasanya apabila kita memilih dan menggunakan jenis dan motif batik yang cocok untuk aktivitas yang akan kita lakukan. Khusus untuk ke kantor, berikut adalah beberapa tips memilih baju batik untuk kerja.

Pilihlah yang agak formal, simple, dan terlihat rapi

Ketika bekerja, sebisa mungkin kita harus menghindari mengenakan pakaian-pakaian yang terlalu atraktif. Atau yang bisa bikin konsentrasi kerja kita maupun rekan di kantor berkurang. Sebaliknya, pakaian yang tepat adalah yang bisa membuat kita merasa nyaman dan karyawan yang lain tetap bisa berkonsentrasi.

Kalau kamu bekerja di instansi atau di pusat pelayanan publik, kamu akan sangat cocok apabila memilih batik dengan warna-warna yang netral, bercorak geometris, terlihat simple, rapi, dan terkesan formal seperti batik Solo.

Pilih yang membuatmu leluasa dan merasa nyaman

Ketika bekerja, pakaian yang kita kenakan bisa mempengaruhi banyak hal. Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama di atas, pakaian yang kita kita akan bisa mempengaruhi diri kita maupun konsentrasi orang lain.

Tidak hanya itu, pakaian juga bisa mempengaruhi produktivitas kita saat bekerja. Memilih busana yang nyaman, yang bisa membuat kita leluasa dalam bergerak dan merasa confident akan membuat kita menjadi lebih produktif.

Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan-bahan yang nyaman dikenakan, terutama yang tidak mengganggu mobilitas, bisa menyerap keringat dengan baik dan tidak panas terutama jika kamu bekerja di ruangan yang tidak ber-AC.

Jika kemeja batik lengan panjang sering membuat kamu merasa risih, pastikan kamu memilih lengan pendek yang simple. Begitu juga dengan modelnya. Pilihlah yang pas di badan, tidak kebesaran, dan tidak juga kekecilan (ngepres di tubuh) yang lebih cocok digunakan untuk tampil kasual (jalan-jalan).

Pilih batik yang membuatmu terlihat menarik

Selain hadir dengan berbagai macam jenis (yang sering dibedakan berdasarkan asalnya), baju batik modern cenderung lebih variatif dalam hal warna hingga style. Jangan terlalu kaku dalam memilih batik untuk bekerja. Kamu bisa memilih model yang trendy dan modern agar kamu tidak keliatan ketinggalan zaman.

Karena, salah satu alasan mengapa kita memilih pakaian-pakaian bagus adalah untuk membuat kita menarik di mata orang lain dan nggak membosankan. Ini juga bisa jadi nilai plus kalau kamu bekerja di tempat-tempat yang agak kaku dan monoton.

Pilihlah batik yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas

Untuk bekerja, pilihlah baju yang terbuat dari bahan-bahan terbaik. Selain karena akan terlihat lebih pantas, baju batik yang terbuat dari bahan bahan berkualitas seperti katun silk atau sutra akan membuat kamu terlihat lebih elegan, berwibawa, dan rapi.

Comments

Popular posts from this blog

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari. Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya. Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu. Perja

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai. Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat. Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidika

Mengenal Ragam Motif Batik Indonesia yang Paling Populer

Menjadi salah satu icon Indonesia yang dikenal di kancah internasional, batik seakan tak lepas dari benak kala berbicara tentang Indonesia. Dahulu, kain batik umumnya dikenakan sebagai pakaian tradisional. Namun seiring perkembangan zaman, batik Indonesia pun meluas penggunaannya. Bahkan kini banyak diadopsi untuk pakaian modern seperti kemeja, celana panjang, jaket, bahkan hingga aksesoris seperti tas, sarung bantal, tempat pensil dan lainnya. Karenanya penggunaan batik pun kini tidak selalu identik dengan tradisional, melainkan untuk kesan formal dan elegan pun bisa. Kata batik awalnya berasal dari bahasa Jawa yaitu ambhatik. Amba berarti luas, lebar dan kain. Sedangkan bhatik artinya matik atau titik. Kedua kata tersebut berkembang hingga menjadi kata batik, artinya membuat titik-titik pada kain yang luas dan lebar. Ragam Motif Batik Indonesia Berbicara tentang motif, tentu Anda sering menemukan motif batik Indonesia yang berbeda antara satu dengan lainnya, begitupun denga