Skip to main content

7 Area Rumah yang Anda Sering Lupa Bersihkan

Ketika Anda memasuki suatu ruangan, biasanya sangat mudah untuk melihat hal-hal pa saja yang harus Anda bersihkan. Misalnya setumpuk baju kotor yang perlu dicuci, atau mungkin setumpuk piring, gelas dan panic kotor yang berserakan di wastafel dapur.


Namun saat barang-barang kotor yang mudah terlihat ini dibersihkan, apakah Anda akan menyempatkan sedikit waktu Anda untuk mengecek ruangan secara keseluruhan untuk menemukan hal-hal lain yang perlu Anda bersihkan? Biasanya tidak, bukan? Inilah kesalahan yang sering orang-orang dalam membersihkan rumah, yaitu melupakan beberapa area penting yang juga perlu dibersihkan. Yuk, ketahui area-area apa saja yang paling sering Anda lupa bersihkan!

1. Kolong furnitur

Cobalah sesekali untuk melongok di bawah kolong tempat tidur, lemari, atau mungkin sofa di rumah Anda. Area kolong ini biasanya menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Karena tempatnya yang tersembunyi dan sulit dijangkau, tidak mengherankan jika area kolong furniture menjadi sering terlupakan ketika Anda sedang bersih-bersih rumah. Parahnya lagi, jika sudah begitu lama dibiarkan, yang menjadi penghuni area ini bukan lagi hanya sekadar debu, namun juga binatang seperti laba-laba lengkap dengan jaring-jaringnya.

2. Dinding

Debu dan kotoran ternyata tidak hanya menempel pada permukaan datar horizontal saja, namun juga vertikal seperti dinding. Hanya karena di mata Anda dinding rumah Anda tampak baik-baik saja, bukan berarti dinding tersebut bersih dari kotoran. Seringkali debu menempel pada dinding tidak Anda bersihkan karena memang partikelnya yang cukup kecil dan tidak begitu terlihat. Namun, jika sesekali Anda menyapukan telapak tangan Anda pada permukaan dinding tersebut, maka Anda baru akan menyadari betapa kotornya dinding Anda.

Untuk membersihkan area dinding, mulailah dengan membersihkan bagian atas lalu ke bawah menggunakan pembersih debu. Jangan lupa juga bersihkan area saklar dan stopkontak. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan aksen-aksen yang ada pada dinding Anda seperti baseboard. Anda bisa membersihkan permukaan baseboard ini dengan mengelapnya menggunakan lap basah.

3. Bagian atap lemari, pintu, atau bingkai foto

Ketika Anda membersihkan rumah, area lain yang perlu perhatian Anda adalah bagian atas furnitur. Sama halnya dengan bagian kolong, bagian atas furnitur juga sering terdapat debu yang menumpuk. Orang-orang biasanya mengabaikan apa yang tak terlihat pandangan. Untuk itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian atas pintu, lemari, kabinet, bingkai foto dan lemari penyimpanan lainnya dengan rutin.

Selagi Anda membersihkan bagian atas interior rumah Anda, cek juga bagian sekitar lampu dan langit-langit. Gunakan pembersih debu untuk menghilangkan debu dari tempat-tempat ini. Bersihkan juga bagian sudut langit-langit dengan baik, terutama jika di area tersebut tampak adanya jaring laba-laba.

4. Lubang ventilasi dan filter udara

Lubang ventilasi beserta filter udara yang terpasang juga bisa menjadi sangat kotor seiring berjalannya waktu, Terlebih lagi, tempat ini sering dilupakan orang-orang ketika bersih-bersih. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan Anda sekeluarga karena udara luar yang masuk ke dalam rumah tentu sudah terkontaminasi dengan debu yang ada di ventilasi.

5. Lantai lemari

Mudah untuk mengetahui apakah sebuah lemari perlu untuk dirapikan atau tidak, cukup dengan melihat apakah baju-baju di dalamnya sudah terlalu banyak, atau tumpukannya juga sudah terlalu tinggi dan beberapa banyak yang jatuh di dalam rak dalam lemari.

Namun kapan terakhir kali Anda tidak hanya merapikan, namun juga membersihkan lemari Anda termasuk lantai lemari? Yang dimaksud dengan lantai lemari adalah bagian bawah lemari, di mana di atasnya biasanya Anda menggantung pakaian Anda. area lantai lemari ini juga seringkali lupa dibersihkan oleh Anda, lho.

Dengan begitu banyaknya area dalam rumah, tentu dimaklumi jika Anda seringkali melupakan membersihkan area-area di atas. Di lain waktu, jika telah tiba waktu Anda untuk bersih-bersih, jangan lupakan kelima tempat tersebut, ya. Namun jika Anda lebih memilih untuk membayar jasa pembersih professional untuk membersihkan rumah Anda dengan sempurna, tenang saja, Sejasa bisa mengabulkan keinginan Anda!

Comments

Popular posts from this blog

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari.

Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya.

Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu.


Ngomongin te…

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai.


Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat.

Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidikan mulai …

Kandungan Penting pada Shampo untuk Rambut Rontok

Berbagai merek shampo untuk rambut rontok menawarkan kemampuan memperbaiki masalah rambut rontok. Nyatanya, untuk dapat memilih yang terbaik, pastikan shampo tersebut mengandung setidaknya salah satu dari senyawa aktif yang berperan mengatasi rambut rontok.


Kandungan Senyawa Aktif untuk Mengatasi Kerontokan Ada berbagai senyawa alami yang harus terkandung dalam shampoo agar memperbaiki masalah rambut rontok.

1. Ginseng Ginseng adalah akar-akaran yang populer dikenal berasal dari Korea Selatan. Ginseng ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kesehatan tubuh namun juga baik untuk rambut. Kemampuan ginseng untuk memperbaiki pertumbuhan rambut ini telah dipublikasikan lewat Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Molekular yang membuktikan ginseng dapat mengontrol aktivitas protein. Aktivitas protein ini bertanggung jawab terhadap siklus tumbuhnya rambut.

Menggunakan shampoo dengan kandungan ginseng mampu memperbaiki siklus pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih tebal. …