Skip to main content

Punya Kantung Mata? Yuk Ikuti Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Satu Ini!

Pasca melahirkan, para ibu pastinya akan sering sekali terjaga di malam hari karena si kecil menangis. Dan akan terus berlangsung hingga beberapa bulan. Hal ini dapat membuat sang ibu kurang tidur. Efek kurang tidur ini kerap kali terlihat jelas pada wajah dengan munculnya kantung mata. Tidak heran jika ibu pasca melahirkan akan terlihat pucat dan kurang sehat. Pada umumnya kantung mata memang diderita pada orang yang kurang tidur. Selain itu orang yang sudah lanjut usia kantung mata juga kerap kali muncul. Hal ini dikarenakan jaringan dan otot yang menopang kelopak mata melemah di usia lanjut.

Penyebab Terjadinya Kantung Mata

Masalah kantung mata ini mungkin terlihat sepele. Tapi jika diterlisik lebih jauh lagi ternyata kantung mata terjadi bukan hanya karena kurang tidur atau faktor usia. Kantung mata dapat terjadi saat terjadinya kerusakan pembuluh darah. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan tembakau juga dapat menyebabkan kantung mata ini terbentuk. Pada orang yang mengalami alergi kantung mata juga dapat terbentuk dengan disertai bengkak, kemerahan dan gatal. Untuk itu jika kantung mata tidak kunjung membaik setelah diberi perawatan ringan, kamu harus berhati-hati. Bisa saja ada hal yang salah dengan tubuh kamu.

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami


Selain terlihat adanya benjolan di bawah mata, biasanya kantung mata ini juga disertai dengan lingkaran hitam. Kantung mata akan merusak penampilan jika tidak segera diatasi. Sehingga jika sudah mulai muncul kantung mata lebih baik diatasi dengan cepat. Cara menghilangkan kantung mata tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kantung mata.

1. Mengompres Mata dengan Air Dingin


Cara menghilangkan kantung mata yang paling mudah adalah dengan mengompresnya. Kamu dapat menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Diamkan beberapa saat pada bagian bawah mata.

2. Kompres Mata dengan Teh


Teh memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kulit sehingga kamu dapat menggunakan teh untuk mengompres mata yang memiliki kantung mata. Caranya sangat mudah, cukup ambil dua kantong teh celup dan rendam pada air dingin. Setelah itu letakan pada bawah mata selama kurang lebih dua puluh menit.

3. Menggunakan Masker Bengkoang

Bengkoang memang terbukti memiliki khasiat merawat kulit. Kamu bisa menggunakan bengkoang sebagai masker untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam pada wajah. Untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam dengan masker bengkoang, kamu dapat memarut bengkoang dan mengaplikasikannya di area kantung mata. Jangan lupa ya, sebelum menggunakan masker bengkoang ini, pastikan kamu sudah mencuci muka terlebih dahulu.

4. Menggunakan Irisan Timun


Tak hanya enak dimakan, ternyata irisan timun juga berfungsi untuk menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam loh. Caranya sangat mudah, iris timun dengan ketebalan yang sedang. Jangan terlalu tebal atau pun tipis. Tempelkan timun pada mata selama kurang lebih dua puluh menit. Untuk hasil yang lebih baik, kamu juga dapat menyimpan timun di dalam lemari es terlebih dahulu agar timun terasa dingin ketika digunakan.

5. Mengompres dengan Sendok Dingin

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan bahan-bahan di atas. Ada cara lain untuk menghilangkan kantung mata tanpa harus repot. Kamu dapat menggunakan sendok yang sudah direndam air es dan tempelkan pada bawah mata. Pastikan kalau sendok tersebut bersih ya.

Jika perawatan kantung mata sudah kamu lakukan tetapi kantung mata tidak kunjung hilang malah semakin memburuk, ada baiknya kamu konsultasikan ke dokter. Karena permasalahan kantung mata yang lebih kompleks tidak dapat diatasi hanya dengan mengompresnya dengan bahan alami.

Mencegah Kantung Mata

Mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati. Sebelum kantung mata menghantui kamu, lebih baik segera memperbaiki pola tidur. Tidur yang cukup akan menghindarkan kamu dari terbentuknya kantung mata. Posisi saat tidur pun harus diperhatikan. Cobalah untuk tidur dengan kepala sedikit terangkat. Hal ini akan membantu mengatasi masalah kantung mata. Sebaiknya kamu menghindari minuman berkafein karena minuman ini dapat mengganggu jam tidur dan dapat membuat kantung mata dan lingkaran hitam semakin jelas.

Comments

Popular posts from this blog

Staycation di Purwokerto? Bikin Rencananya Dulu

Sebulan pasca melahirkan dengan rutinitas mengurus tiga anak memang terkadang cukup bikin pusing. Memang sih anak-anak terbilang cukup kondusif, kedua kakaknya tidak ada yang cemburu terhadap adiknya. Justru sayang banget dengan adiknya ini. Saya sangat bersyukur juga karena kakak kedua pun sudah disapih meski dengan drama melow selama beberapa hari. Beberapa hari ini ibu saya menemani di rumah, karena memang dari saya melahirkan beliau belum menjenguk karena banyak urusan, dan mungkin karena ini udah anak kesekian. Jadi rasa khawatir udah berkurang kali ya, hahaha. Tidak seperti awal saat saya punya anak, beliau buru-buru ingin ke Surabaya menjenguk saya. Saya senang sekali setiap kali ibu menjenguk, biasanya saya minta bawakan oleh-oleh khas Purwokerto. Tapi kali ini ibu saya tidak bawa banyak jajan khas Purwokerto, hanya membawa jenang. Sisanya membawa tahu, tahu bakso dan juga siomay buatan sendiri. Meski begitu saya tetap suka karena memang kangen dengan masakan ibu. Perja

Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Saat ini tersedia Islamic Boarding School di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, salah satu sekolah terbaik bagi anak-anak maupun remaja yang tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga pendidikan spiritual. Tempat ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi para orang tua yang bingung memilih tempat pendidikan atau sekolah terbaik bagi anak-anak mereka, terutama orang tua yang punya kesibukan padat, namun ingin memastikan pendidikan anak-anak mereka tidak terbengkalai. Dengan pendidikan bersistem asrama alias boarding school ini, maka pendidikan anak bisa didukung secara maksimal. Pondok Pesantren (ponpes) Nurul Firdaus ini sendiri berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat. Mengapa memilih Islamic Boarding School di Pondon Pesantren Nurul Firdaus? Jika Anda mencari sekolah asrama/ boarding school terbaik di Jawa Barat, maka bisa berkenalan dengan Ponpes Nurul Firdaus. Di sini kami menawarkan sekolah dengan tingkat pendidika

Kandungan Penting pada Shampo untuk Rambut Rontok

Berbagai merek shampo untuk rambut rontok menawarkan kemampuan memperbaiki masalah rambut rontok. Nyatanya, untuk dapat memilih yang terbaik, pastikan shampo tersebut mengandung setidaknya salah satu dari senyawa aktif yang berperan mengatasi rambut rontok. Kandungan Senyawa Aktif untuk Mengatasi Kerontokan Ada berbagai senyawa alami yang harus terkandung dalam shampoo agar memperbaiki masalah rambut rontok. 1. Ginseng Ginseng adalah akar-akaran yang populer dikenal berasal dari Korea Selatan. Ginseng ternyata tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kesehatan tubuh namun juga baik untuk rambut. Kemampuan ginseng untuk memperbaiki pertumbuhan rambut ini telah dipublikasikan lewat Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Molekular yang membuktikan ginseng dapat mengontrol aktivitas protein. Aktivitas protein ini bertanggung jawab terhadap siklus tumbuhnya rambut. Menggunakan shampoo dengan kandungan ginseng mampu memperbaiki siklus pertumbuhan rambut sehingga rambut le