Skip to main content

Sarapan Khas Surabaya

Berhubung saya bukan orang Jawa Timur, pertama kali yang saya rasakan saat menginjakan kaki pertama kali di Surabaya adalah asing. Ya iyalah, saya belum pernah pergi sejauh ini. Tapi karena tuntutan profesi sebagai sebagai seorang istri #halah jadi yang harus ke Surabaya. Apa sih yang ada dibenak kamu ketika mendengar kota Surabaya? Satu-satunya yang saya pikirkan saat itu adalah panas, haha. Terbiasa hidup di iklim dingin seperti Purwokerto memang membuat saya merasa cukup sakit saat pertama kali datang ke Surabaya. Waktu itu cuaca gak menentu. Pagi sampai siang panas, eh tiba-tiba mendung dan turun hujan lebat. Saya sering banget kena flu. Bahkan sampai sekarang masih langganan, haha.



Sarapan Nasi Pecel

Selain karena cuacanya, yang bikin saya kaget dengan Surabaya adalah makanannya. Di Surabaya sarapan dengan nasi pecel super pedas udah biasa. Padahal di Purwokerto pecel biasanya buat makan siang. Ada sih yang jualan pagi-pagi tapi jarang banget. Kalau di Surabaya nasi pecel menjamur saat pagi hari. Nasi pecel di dekat rumah biasanya hanya berkisar antara harga lima ribu rupiah saja.

Nasi pecel di Surabaya biasanya disajikan bersama sambal bali yang isinya tahu atau telur. Terkadang ada juga penjual yang membubuhi sambal bali ikan tongkol. Nasi pecel pake sambal bali bikin tambah enak. Duuuh jadi laper, haha.

Sarapan Agak Mewah dengan Nasi Campur

Selain sarapan nasi pecel, kalau kepengen sarapan yang agak mewah dikit bisa beli nasi campur. Biasanya nasi campur ini jualannya pagi. Nasi campur ini mirip seperti nasi rames kalau di Jawa Barat atau Jawa Tengah. Biasanya nasi campur isinya daging dan sayuran atau kadang bihun atau mie dan dilengkapi sambal kadang juga peyek udang.

Tetangga dekat rumah ada yang jual nasi campur dan biasanya dijual di Stasius Gubeng. Tapi kalau ada tetangganya yang beli juga boleh. Saya dan suami terkadang beli beberapa bungkus untuk sarapan. Hanya saja belinya harus pagi-pagi banget. Kalau udah setengah enam orangnya sudah berangkat ke Stasiun Gubeng. Sebungkus nasi campur daging sapi cukup dengan Rp 7.500. Kalau dimakan satu orang cukup mengenyangkan, rasanya juga enak. Penjual di dekat rumah gak hanya jual nasi campur tapi ada juga nasi bebek dan kadang nasi babat. Semua menunya pernah saya cobain dan enak semua.

Lontong Mie untuk Sarapan yang Ringan di Pagi Hari

Kalau malas makan makanan berat seperti nasi, biasanya lontong mie jadi andalan. Lontong mie ini terdiri dari kuah bening yang berisikan cambah dan daun bawang. Pelengkapnya, tahu goreng, tempe goreng dan mageli. Mageli ini sejenis gorengan dengan bahan dasar kacang hijau dan diberi bumbu-bumbu. Ada juga penjual mageli yang mengunakan campuran parutan singkong. Dan rasanya makin enak kalau dicampur parutan singkong. Kadang lontong mie juga bisa ditambahkan bumbu kacang. Jadinya bukan lontong mie lagi tapi rujak mie. Bumbu kacang yang digunakan ini biasnaya diracik dadakan. Berisikan kacang tanah goreng, bawang putih goreng, irisan pisang batu, dan petis merah.

Comments

Popular posts from this blog

Asus Zenfone Max Pro M1 vs Xiaomi Redmi Note 5, Bagusan Mana?

Mendekati tahun baru, biasanya sih kita pengen punya sesuatu yang baru. Entah itu celana baru, baju baru, hingga gadget. Selain baju, gadget baru adalah yang paling banyak diburu karena tahun ini sebagian besar vendor smartphone mulai mengeluarkan model-model terbaru. Jadi wajar kalo tahun baru juga pengen nenteng hape yang modelnya kekinian (tanpa atau dengan notch).


Di kelas low end, ada dua smartphone yang sedang bersaing ketat yaitu Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1. Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing smartphone tersebut? Dan yang manakah yang lebih bagus? Mari kita cari tahu.

Performa untuk gaming Pada dasarnya, kedua smartphone ini memiliki performa gaming yang mirip-mirip. Baik frame rate maupun kualitas grafik yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Walaupun mirip, namun sebagian besar game memang terasa jauh lebih smooth dan bisa menghasilkan grafik berkualitas tinggi jika dimainkan di Pro M1. Mengapa? Dukungan prosesor yang lebih baru dan lebih cepat adalah…

Ini Daftar Ponsel Lipat yang Diprediksi Bakal Diluncurkan Tahun 2019

Sejumlah vendor seperti Samsung, Royole dan beberapa merk terkenal lainnya diprediksi bakal meluncurkan ponsel dengan fitur lipat pada tahun 2019 ini. Bahkan, Samsung dan Royole sebelumnya sudah memamerkan prototipe ponsel lipat yang akan diluncurkannya.


Selain Samsung dan Royole, beberapa vendor lainnya pun sudah mengumumkan rencana tersebut, meski belum memamerkan produk yang akan dirilisnya. Seperti dikutip harapanrakyat.com, berikut ini deretan ponsel dengan fitur lipat yang diprediksi bakal hadir di tahun 2019;

Samsung Sebagai vendor yang pernah sukses mengeluarkan produk ponsel lipat, Samsung rupanya perusahaan pertama yang mengumumkan rencananya untuk melahirkan ponsel dengan fitur lipat. Perusahan raksasa asal Korea ini sudah resmi mengumumkan ponsel pada Samsung Developer Conference (SDC) di tahun 2018 lalu.

Walaupun itu baru prototipe serta nama resmi ponselnya belum disebutkan, namun Samsung dibilang paling serius. Nama ponsel lipat ini dikabarkan antara seri Galaxy F, Gal…

8 Manfaat Menggunakan Jasa Desain Perspektif Rumah

Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah hunian yang nyaman dengan desain perspektif yang menarik. Sebuah desain selalu dibutuhkan saat ingin merenovasi atau membangun rumah baru, desain perspektif rumah biasanya berbentuk sketsa gambar yang di dalamnya berisi konsep perencanaan rumah yang hendak dibangun.


Tahukah Anda jika membuat sebuah rancangan desain perspektif rumah itu tidak mudah. Desain rumah tidak hanya berupa sebuah gambar dengan bentuk atau interior saja melainkan perhitungan penggunaan bahan konstruksi bangunan yang harus dipikirkan secara matang, agar tidak terjadi kesalahan saat proses pembangunan berlangsung.

Demi menghindari masalah yang mungkin akan terjadi tidak ada salahnya jika Anda memakai jasa desain perspektif rumah untuk mendesain rumah impian Anda. Saat ini banyak sekali website milik penyedia jasa desain rumah online yang mencantumkan harga jual selain profil dari arsiteknya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu ada beberapa manfaat lain yang…