Langsung ke konten utama

Toko Pancing Online: 8 Jenis Perlengkapan Memancing yang Harus Diketahui Pemula

Bagi sebagian orang memancing menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan namun bagi yang lainnya kegiatan mencari ikan tersebut membosankan karena harus menunggu lama hingga berjam-jam untuk mendapatkan ikan yang diinginkan. Untuk pemancing pemula, harus tahu peralatan apa saja yang akan digunakan memancing yang biasanya ada di toko pancing termasuk toko pancing online bukan hanya sebatas alat pancing dan umpan untuk menangkap ikan.

Credit: Pexels

Ada 8 jenis peralatan dan perlengkapan memancing yang harus Anda ketahui sebelum belanja online di online shop tersebut. Pertama adalah Joran atau stick. Joran merupakan gagang pancing yang digunakan untuk memancing. Joran ini berfungsi untuk dudukan reel, mengarahkan tarikan ikan serta sebagai tempat untuk bertumpunya kenur atau senar yang digunakan. Bahan yang digunakan untuk membuat joran adalah fiber glass, mix carbon ataupun high carbon yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sedangkan jika berdasarkan pada modelnya, ada beberapa jenis, yaitu:

  1. Tageg yang merupakan model lama dengan design lonjoran joran.
  2. Antena: Jenis joran yang dapat di pendek dengan memasukkan tangkainya.
  3. Joran sambung/piece dengan sistem pasang/sambung di bagian piecnya yang bisa terdiri dari 2 hingga 4 sambungan.

Kedua adalah kenur atau senar. Peralatan ini berfungsi untuk menghubungkan alat pancing seperti timah, pelampung, kail, reel di bagian joran untuk menangkap ikan. Ada beberapa jenis kenur yaitu kenur monofilament, kenur flurocarbon, kenur multifilament. Keempat adalah kail atau fishing hook. Peralatan ini dipergunakan untuk menempatkan umpan sehingga bisa menangkap ikan. Alat ini tidak hanya untuk mengaitkan mulut ikan yang memakan umpan di kail namun juga untuk memperoleh ikan dengan cara menyabetkan kail.

Keempat adalah reel. Peralatan mancing yang bisa dibeli di toko pancing online ini berfungsi untuk penggulung dan penampung senar. Ada 2 jenis atau tipe reel yaitu reel overhead seperti reel bait casting dan jenis reel underhand misalnya reel speening. Reel ini pada jaman dahulu, dibuat dengan menggunakan pipa pralon dan kemudian digunakan untuk tempat gulungan kenur namun saat ini sudah banyak modifikasi reel sehingga memudahkan pemancing untuk menggunakannya saat memancing apalagi untuk mendapatkan ikan yang ukurannya besar.

Kelima adalah pelampung. Alat untuk memancing ini tidak wajib untuk digunakan karena bisa dipergunakan bisa juga tidak, tergantung dari teknik Anda saat memancing. Fungsi utama dari perlengkapan pancing ini adalah untuk membantu agar Anda bisa mengetahui apakah ikan sudah mendekati atau sudah memakan umpan tersebut. Untuk pemancing pemula, perlengkapan alat pancing ini sangat membantu sehingga bisa tahu umpan sudah dimakan dan pancing siap ditarik.

3 peralatan mancing lainnya yang biasa ditemui di toko pancing online dan harus diketahui oleh pemancing pemula yaitu:

  1. Swivel/kili-kili yang merupakan peralatan tambahan yang fungsi utamanya adalah untuk mencegah senar agar tidak melintir dan kusut ketika terjadi pergerakan ikan atau air. Jika senar melintir maka akan menyebabkan senar tersebut kusut ataupun putus. Dengan swivel ini, membuat senar utama menjadi tidak terhubung secara langsung dengan rangkaian dari pancing tersebut.
  2. Snap/peniti untuk mempermudah memutuskan atau menghubungkan rangkaian kail dengan senar ataupun pelampung dengan kenur agar bisa bergerak berdasarkan pada keinginan pemancing.
  3. Timah untuk pemberat sehingga lontaran yang Anda lakukan bisa melontar sesuai dengan target tempat yang Anda inginkan serta berfungsi juga sebagai penahan rangkaian pancing supaya tetap di titik lemparan. Sehingga, peralatan ini akan sangat membantu apalagi di perairan dengan gelombang yang kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Main Game Big Hunter Fase Melawan Rhino

Sebelumnya saya pernah menulis mengenai game Big Hunter ini. Hanya saja waktu itu saya masih sampai dalam tahap melawan Mammoth. Untuk bisa membuka Rhino Story, kamu harus menyelesaikan 60 hari tantangan di Mammoth Story. Cukup melelahkan untuk menyelesaikan sampai 60 hari.


Sebenarnya untuk cepat lolos 60 hari, kamu bisa menggunakan senjata lainnya yang dijual di Big Hunter. Saya sendiri lebih suka menggunakan senjata batu kecil yang isinya 3. Dengan senjata ini, kamu akan lebih mudah mengalahkan Mammoth. Berbeda dengan senjata lainnya yang punya probabilitas miss lebih tinggi dari senjata batu kecil.


Waktu melawan Rhino ini juga butuh strategi yang sedikit berbeda dengan saat melawan Mammoth. Rhino ini lebih agresif dan suka menyeruduk. Kamu harus ngepasin timing saat melempar senjata. Untuk melawan Rhino ini saya lebih suka menggunakan batu kecil isi 3 daripada batu kecil isi 5. Batu kecil isi 5 butuh waktu reload yang lebih lama. Kadang keburu disruduk duluan oleh si Rhino.

Rhino i…

Review Harga Sepatu Vans Yang Terbaru

Sekarang ini sepatu memang sudah menjadi salah satu fashion terutama bagi anak muda. Mereka ingin selalu tampil keren dengan sepatu yang ia kenakan. Saat ini salah satu merk sepatu yang banyak disukai anak muda adalah sepatu dengan merek Vans. Sepatu ini memang tergolong lebih awet,bahannya pun awet, kualitasnya bagus serta desain tren masa kini yang selalu diburu para anak muda. Dengan desainnya yang tergolong menarik pastinya cocok sekali dipakai saat bersantai, jalan-jalan atau bahkan kegiatan resmi sekalipun. Sepatu tersebut memang cocok dalam acara apapun yang akan membuat tampilan anda lebih keren.


Hanya saja, karena banyaknya peminat sepatu vans ini, kini hadir pula yang kw. Harga sepatu vans yang kw tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang original. Sehingga anda perlu berhati-hati dan harus tahu mana sepatu vans yang asli. Karena bagaimanapun juga harga sepatu vans yang asli ini memang lebih mahal sesuai dengan kualitas produk yang mereka berikan. Sekarang ini sepat…

Big Hunter, Game Seru yang Bikin Ketagihan

Sekitar dua hari yang lalu saya bosan memainkan game Clash of Clan terus. Game ini sih memang sebenarnya sudah membosankan, cuma kadang pengen main. Nah, karena rasa bosan tersebut saya membuka Play Store dan menemukan salah satu game yang lagi populer saat itu. Nama game-nya adalah Big Hunter.


Game Big Hunter ini sebenarnya modelnya sama seperti Angry Birds. Cuma Big Hunter ini yang dilempar adalah senjata, bukan burung. Senjatanya juga bermacam-macam. Mulai dari tombak, kapak, pisau, hingga panah. Setiap senjata punya kelebihan dan behavior yang berbeda-beda. Memainkan ini sempat menjadi candu. Saya pun hampir sejam lebih memainkan ini tanpa henti. Sampai akhirnya ditegur oleh istri. Hehe.

Di hari ketiga ini, saya berhasil menyelesaikan 32 hari dari bagian Mamot dan Training Campaign saya sampai di angka 2000 lebih. Untuk bagian Mamot menyelesaikan tantangannya akan terasa sangat susah ketika mulai hari ke-22. Jadi setelah itu, progres saya pun semakin lambat karena makin susahnya t…