Langsung ke konten utama

Ban Motor Anda Bisa Lebih Awet dengan Menerapkan Kiat Perawatan Berikut Ini!

Bagi pemilik sepeda motor tentu akan memperhatikan setiap komponen di kendaraan kesayangannya ini, termasuk di ban motor. Memiliki ban yang bagus tentu akan sangat disayangkan apabila tidak dirawat dengan baik padahal dibeli dengan biaya yang tinggi. Mengandalkan ban bawaan asli pabrik kadang bagi sebagian orang dirasa kurang memuaskan kemudian beralih ke ban lain yang lebih mumpuni. Sah saja dilakukan asalkan Anda sudah paham bagaimana memilih ban yang bagus dan sesuai spesifikasi sepeda motor yang dimiliki.


Ban bagi kendaraan, tidak terkecuali untuk sepeda motor, memiliki fungsi yang sangat vital sebab menjadi penentu motor dapat melaju dengan baik atau tidak. Uniknya sebuah ban pada sepeda motor juga menentukan efisiensi konsumsi bahan bakar, daya cengkeram ban di badan jalan, kecepatan, dan keseimbangan saat melaju di jalan raya. Alangkah baiknya ketika belanja ban baru baik belanja online maupun datang ke toko ban langsung usahakan memilih secara teliti.

Kiat Agar Ban Pada Motor Tahan Lama

Kalau sudah mendapatkan pilihan terbaik jangan langsung berpuas diri, sebab ban sendiri perlu dirawat dengan teliti agar awet dan performanya terjaga. dalam mempertahankan daya tahan ban kendaraan bermotor Anda perlu melakukan beberapa tindakan berikut:

Teliti memilih cairan pembersih ban

Ban untuk kendaraan jenis apapun terbuat dari material karet yang rentan rusak jika bersentuhan dengan minyak. Sebab memiliki efek membakar, maka untuk pemilihan cairan pembersih pastikan beban kandungan minyak agar aman diaplikasikan.

Jaga kebersihan ban kesayangan 

Ban yang mudah rusak sering ditemukan ketika sang pemilik acuh tak acuh pada kebersihannya, sehingga mudah mengalami kerusakan parah. Memperhatikan kebersihan ban motor tentu bukanlah hal yang sulit sebab perlu dicuci bersih pada saat motornya dicuci. Pencucian secara maksimal dan teratur menghindari adanya endapan kotoran yang menempel pada karet sepanjang ban. Hasilnya tentu saja, ban menjadi kinclong dan jauh lebih awet ketimbang dibiarkan kotor menahun.

Memperhatikan tekanan angin di dalam ban

Soal tekanan angin yang mengisi ban pada sepeda motor rupanya juga wajib diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dengan membiarkan tekanan terlalu berlebihan sebab memicu ban meledak terutama saat melaju kencang ketika cuaca panas. Ataupun meledak ketika di parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung, jikalau tekanan anginya kurang malah mempengaruhi keseimbangan. Maka jaga tekanan angin cukup dan stabil kemudian gunakan nitrogen yang lebih bagus.

Memilih ban sesuai spesifikasi sepeda motor

Menjadikan ban lebih awet tidak terlepas dari pemilihan ban itu sendiri apakah memang sudah sesuai dengan spesifikasi sepeda motor atau tidak. Kebanyakan orang yang melakukan penggantian ban pada motor kesayangan tidak memperhatikan aspek ini. Sehingga meski merek ban sudah yang terbaik kalau tidak cocok dijamin akan mudah rusak. Selain itu pemilihan jenis ban juga disesuaikan dengan kondisi jalan yang sering dilewati, apakah sering becek atau sebaliknya.

Atur kecepatan motor saat melaju

Memperhatikan kecepatan motor saat dikendarai juga bisa mempengaruhi daya tahan ban yang ada di roda depan dan belakang sepeda motor. Misalnya saja mengendarai motor idealnya mengatur kecepatan sesuai kondisi jalan. Khusus untuk jalanan beraspal tentu tidak masalah jika kecepatan dipacu secara maksimal. Namun, bagaimana jika jalanan masih berbatu karena belum terbalut aspal? Nah, kurangi kecepatan Anda supaya ban motor yang dibeli dari toko online terpercaya lebih awet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Shutterstock Gratis

Rasanya baca entri tanpa ada foto seperti sayur asam gak ada daun melinjonya, kurang hijau gitu deh. Seenggaknya kalau bikin entri ada satu foto yang sekiranya nyambung dengan entrinya. Beda loh entri yang ada fotonya dan yang gak ada. Lebih enak dibaca yang ada fotonya. Meski kadang saya juga sering masukin foto yang kurang nyambung, haha. Pokoknya sih harus ada foto.



Foto-foto di blog untuk entri kita ini bisa dari banyak sumber. Bisa dari jepretan sendiri atau mungkin ngambil di situs stok foto. Salah satu layanan stok foto yang populer adalah Shutterstock. Layanan stok foto ini memang memiliki banyak sekali foto dengan kualitas bagus. Sayangnya Shutterstock ini merupakan layanan stok foto berbayar. Gak heran sih kan fotonya bagus-bagus. Nah bagi kamu yang ingin memakai foto dari Shutterstock secara gratis ada beberapa triknya nih. Tapi diusahakan untuk gak digunakan untuk komesil yah. Dan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Berikut adalah cara mendapatkan foto Shutterstock g…

Mengapa Cewek SMP Selalu Ingin Punya Pacar

Bukan hal rahasia lagi di Indonesia bahwa seumuran anak SMP biasanya memang sudah melakukan praktik pacaran. Mungkin hal ini dianggap wajar karena memang banyak yang melakukannya. Bahkan ada orang tua yang merasa aneh ketika anaknya yang sudah beranjak puber tidak punya pacar. Takutnya dianggap tidak laku.


Saya masih ingat, saat zaman saya masih SMP, sekitar tahun 2003, sangat jarang sekali teman saya yang berpacaran. Bahkan bisa dihitung dengan jari. Setidaknya hanya ada 2 pasang pacaran (4 orang) yang ada di kelas saya. Bayangkan, cuma 2 pasang saja dari sekitar 40 anak dalam satu kelas. Bagaimana dengan saat ini? Mungkin hanya 30% saja yang tidak pacaran di dalam satu kelas.

Mengapa bisa seperti itu? Ternyata ada beberapa hal yang membuat fenomena itu terjadi. Khususnya jika dilihat dari sisi cewek, pacaran ini banyak sekali tendesinya.

Punya Pacar = Tanda Kecantikan Banyak cewek berpikir bahwa ketika dia punya pacar maka secara tidak langsung tingkat kecantikannya langsung terveri…

Keasyikan Main Game Sampai Lupa Update Blog

Di zaman smartphone yang canggih ternyata menjadi pisau bermata dua. Selain smartphone bisa memudahkan pekerjaan manusia, ternyata juga bisa membuat rumit urusan manusia. Pasalnya salah satu contoh hal yang membuat rumit urusan manusia adalah smartphone banyak membuat orang lalai keasyikan main game atau bermedia sosial.


Begitu juga dengan saya. Akhir tahun seperti ini biasanya memang banyak sekali game baru yang dirilis. Hal ini membuat saya mencoba satu per satu game yang menurut saya menarik. Saking asyiknya main game, sampai lupa saya punya blog ini dan perlu diupdate. Hehe. Tapi mumpung lagi ingat, saya update blog ini dengan tulisan curhat seperti ini. Sampai jumpa di entri saya yang lainnya yah.