Langsung ke konten utama

Ban Motor Anda Bisa Lebih Awet dengan Menerapkan Kiat Perawatan Berikut Ini!

Bagi pemilik sepeda motor tentu akan memperhatikan setiap komponen di kendaraan kesayangannya ini, termasuk di ban motor. Memiliki ban yang bagus tentu akan sangat disayangkan apabila tidak dirawat dengan baik padahal dibeli dengan biaya yang tinggi. Mengandalkan ban bawaan asli pabrik kadang bagi sebagian orang dirasa kurang memuaskan kemudian beralih ke ban lain yang lebih mumpuni. Sah saja dilakukan asalkan Anda sudah paham bagaimana memilih ban yang bagus dan sesuai spesifikasi sepeda motor yang dimiliki.


Ban bagi kendaraan, tidak terkecuali untuk sepeda motor, memiliki fungsi yang sangat vital sebab menjadi penentu motor dapat melaju dengan baik atau tidak. Uniknya sebuah ban pada sepeda motor juga menentukan efisiensi konsumsi bahan bakar, daya cengkeram ban di badan jalan, kecepatan, dan keseimbangan saat melaju di jalan raya. Alangkah baiknya ketika belanja ban baru baik belanja online maupun datang ke toko ban langsung usahakan memilih secara teliti.

Kiat Agar Ban Pada Motor Tahan Lama

Kalau sudah mendapatkan pilihan terbaik jangan langsung berpuas diri, sebab ban sendiri perlu dirawat dengan teliti agar awet dan performanya terjaga. dalam mempertahankan daya tahan ban kendaraan bermotor Anda perlu melakukan beberapa tindakan berikut:

Teliti memilih cairan pembersih ban

Ban untuk kendaraan jenis apapun terbuat dari material karet yang rentan rusak jika bersentuhan dengan minyak. Sebab memiliki efek membakar, maka untuk pemilihan cairan pembersih pastikan beban kandungan minyak agar aman diaplikasikan.

Jaga kebersihan ban kesayangan 

Ban yang mudah rusak sering ditemukan ketika sang pemilik acuh tak acuh pada kebersihannya, sehingga mudah mengalami kerusakan parah. Memperhatikan kebersihan ban motor tentu bukanlah hal yang sulit sebab perlu dicuci bersih pada saat motornya dicuci. Pencucian secara maksimal dan teratur menghindari adanya endapan kotoran yang menempel pada karet sepanjang ban. Hasilnya tentu saja, ban menjadi kinclong dan jauh lebih awet ketimbang dibiarkan kotor menahun.

Memperhatikan tekanan angin di dalam ban

Soal tekanan angin yang mengisi ban pada sepeda motor rupanya juga wajib diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dengan membiarkan tekanan terlalu berlebihan sebab memicu ban meledak terutama saat melaju kencang ketika cuaca panas. Ataupun meledak ketika di parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung, jikalau tekanan anginya kurang malah mempengaruhi keseimbangan. Maka jaga tekanan angin cukup dan stabil kemudian gunakan nitrogen yang lebih bagus.

Memilih ban sesuai spesifikasi sepeda motor

Menjadikan ban lebih awet tidak terlepas dari pemilihan ban itu sendiri apakah memang sudah sesuai dengan spesifikasi sepeda motor atau tidak. Kebanyakan orang yang melakukan penggantian ban pada motor kesayangan tidak memperhatikan aspek ini. Sehingga meski merek ban sudah yang terbaik kalau tidak cocok dijamin akan mudah rusak. Selain itu pemilihan jenis ban juga disesuaikan dengan kondisi jalan yang sering dilewati, apakah sering becek atau sebaliknya.

Atur kecepatan motor saat melaju

Memperhatikan kecepatan motor saat dikendarai juga bisa mempengaruhi daya tahan ban yang ada di roda depan dan belakang sepeda motor. Misalnya saja mengendarai motor idealnya mengatur kecepatan sesuai kondisi jalan. Khusus untuk jalanan beraspal tentu tidak masalah jika kecepatan dipacu secara maksimal. Namun, bagaimana jika jalanan masih berbatu karena belum terbalut aspal? Nah, kurangi kecepatan Anda supaya ban motor yang dibeli dari toko online terpercaya lebih awet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Main Game Big Hunter Fase Melawan Rhino

Sebelumnya saya pernah menulis mengenai game Big Hunter ini. Hanya saja waktu itu saya masih sampai dalam tahap melawan Mammoth. Untuk bisa membuka Rhino Story, kamu harus menyelesaikan 60 hari tantangan di Mammoth Story. Cukup melelahkan untuk menyelesaikan sampai 60 hari.


Sebenarnya untuk cepat lolos 60 hari, kamu bisa menggunakan senjata lainnya yang dijual di Big Hunter. Saya sendiri lebih suka menggunakan senjata batu kecil yang isinya 3. Dengan senjata ini, kamu akan lebih mudah mengalahkan Mammoth. Berbeda dengan senjata lainnya yang punya probabilitas miss lebih tinggi dari senjata batu kecil.


Waktu melawan Rhino ini juga butuh strategi yang sedikit berbeda dengan saat melawan Mammoth. Rhino ini lebih agresif dan suka menyeruduk. Kamu harus ngepasin timing saat melempar senjata. Untuk melawan Rhino ini saya lebih suka menggunakan batu kecil isi 3 daripada batu kecil isi 5. Batu kecil isi 5 butuh waktu reload yang lebih lama. Kadang keburu disruduk duluan oleh si Rhino.

Rhino i…

Review Harga Sepatu Vans Yang Terbaru

Sekarang ini sepatu memang sudah menjadi salah satu fashion terutama bagi anak muda. Mereka ingin selalu tampil keren dengan sepatu yang ia kenakan. Saat ini salah satu merk sepatu yang banyak disukai anak muda adalah sepatu dengan merek Vans. Sepatu ini memang tergolong lebih awet,bahannya pun awet, kualitasnya bagus serta desain tren masa kini yang selalu diburu para anak muda. Dengan desainnya yang tergolong menarik pastinya cocok sekali dipakai saat bersantai, jalan-jalan atau bahkan kegiatan resmi sekalipun. Sepatu tersebut memang cocok dalam acara apapun yang akan membuat tampilan anda lebih keren.


Hanya saja, karena banyaknya peminat sepatu vans ini, kini hadir pula yang kw. Harga sepatu vans yang kw tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang original. Sehingga anda perlu berhati-hati dan harus tahu mana sepatu vans yang asli. Karena bagaimanapun juga harga sepatu vans yang asli ini memang lebih mahal sesuai dengan kualitas produk yang mereka berikan. Sekarang ini sepat…

Big Hunter, Game Seru yang Bikin Ketagihan

Sekitar dua hari yang lalu saya bosan memainkan game Clash of Clan terus. Game ini sih memang sebenarnya sudah membosankan, cuma kadang pengen main. Nah, karena rasa bosan tersebut saya membuka Play Store dan menemukan salah satu game yang lagi populer saat itu. Nama game-nya adalah Big Hunter.


Game Big Hunter ini sebenarnya modelnya sama seperti Angry Birds. Cuma Big Hunter ini yang dilempar adalah senjata, bukan burung. Senjatanya juga bermacam-macam. Mulai dari tombak, kapak, pisau, hingga panah. Setiap senjata punya kelebihan dan behavior yang berbeda-beda. Memainkan ini sempat menjadi candu. Saya pun hampir sejam lebih memainkan ini tanpa henti. Sampai akhirnya ditegur oleh istri. Hehe.

Di hari ketiga ini, saya berhasil menyelesaikan 32 hari dari bagian Mamot dan Training Campaign saya sampai di angka 2000 lebih. Untuk bagian Mamot menyelesaikan tantangannya akan terasa sangat susah ketika mulai hari ke-22. Jadi setelah itu, progres saya pun semakin lambat karena makin susahnya t…