Langsung ke konten utama

Sarapan Khas Surabaya

Berhubung saya bukan orang Jawa Timur, pertama kali yang saya rasakan saat menginjakan kaki pertama kali di Surabaya adalah asing. Ya iyalah, saya belum pernah pergi sejauh ini. Tapi karena tuntutan profesi sebagai sebagai seorang istri #halah jadi yang harus ke Surabaya. Apa sih yang ada dibenak kamu ketika mendengar kota Surabaya? Satu-satunya yang saya pikirkan saat itu adalah panas, haha. Terbiasa hidup di iklim dingin seperti Purwokerto memang membuat saya merasa cukup sakit saat pertama kali datang ke Surabaya. Waktu itu cuaca gak menentu. Pagi sampai siang panas, eh tiba-tiba mendung dan turun hujan lebat. Saya sering banget kena flu. Bahkan sampai sekarang masih langganan, haha.



Sarapan Nasi Pecel

Selain karena cuacanya, yang bikin saya kaget dengan Surabaya adalah makanannya. Di Surabaya sarapan dengan nasi pecel super pedas udah biasa. Padahal di Purwokerto pecel biasanya buat makan siang. Ada sih yang jualan pagi-pagi tapi jarang banget. Kalau di Surabaya nasi pecel menjamur saat pagi hari. Nasi pecel di dekat rumah biasanya hanya berkisar antara harga lima ribu rupiah saja.

Nasi pecel di Surabaya biasanya disajikan bersama sambal bali yang isinya tahu atau telur. Terkadang ada juga penjual yang membubuhi sambal bali ikan tongkol. Nasi pecel pake sambal bali bikin tambah enak. Duuuh jadi laper, haha.

Sarapan Agak Mewah dengan Nasi Campur

Selain sarapan nasi pecel, kalau kepengen sarapan yang agak mewah dikit bisa beli nasi campur. Biasanya nasi campur ini jualannya pagi. Nasi campur ini mirip seperti nasi rames kalau di Jawa Barat atau Jawa Tengah. Biasanya nasi campur isinya daging dan sayuran atau kadang bihun atau mie dan dilengkapi sambal kadang juga peyek udang.

Tetangga dekat rumah ada yang jual nasi campur dan biasanya dijual di Stasius Gubeng. Tapi kalau ada tetangganya yang beli juga boleh. Saya dan suami terkadang beli beberapa bungkus untuk sarapan. Hanya saja belinya harus pagi-pagi banget. Kalau udah setengah enam orangnya sudah berangkat ke Stasiun Gubeng. Sebungkus nasi campur daging sapi cukup dengan Rp 7.500. Kalau dimakan satu orang cukup mengenyangkan, rasanya juga enak. Penjual di dekat rumah gak hanya jual nasi campur tapi ada juga nasi bebek dan kadang nasi babat. Semua menunya pernah saya cobain dan enak semua.

Lontong Mie untuk Sarapan yang Ringan di Pagi Hari

Kalau malas makan makanan berat seperti nasi, biasanya lontong mie jadi andalan. Lontong mie ini terdiri dari kuah bening yang berisikan cambah dan daun bawang. Pelengkapnya, tahu goreng, tempe goreng dan mageli. Mageli ini sejenis gorengan dengan bahan dasar kacang hijau dan diberi bumbu-bumbu. Ada juga penjual mageli yang mengunakan campuran parutan singkong. Dan rasanya makin enak kalau dicampur parutan singkong. Kadang lontong mie juga bisa ditambahkan bumbu kacang. Jadinya bukan lontong mie lagi tapi rujak mie. Bumbu kacang yang digunakan ini biasnaya diracik dadakan. Berisikan kacang tanah goreng, bawang putih goreng, irisan pisang batu, dan petis merah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Shutterstock Gratis

Rasanya baca entri tanpa ada foto seperti sayur asam gak ada daun melinjonya, kurang hijau gitu deh. Seenggaknya kalau bikin entri ada satu foto yang sekiranya nyambung dengan entrinya. Beda loh entri yang ada fotonya dan yang gak ada. Lebih enak dibaca yang ada fotonya. Meski kadang saya juga sering masukin foto yang kurang nyambung, haha. Pokoknya sih harus ada foto.



Foto-foto di blog untuk entri kita ini bisa dari banyak sumber. Bisa dari jepretan sendiri atau mungkin ngambil di situs stok foto. Salah satu layanan stok foto yang populer adalah Shutterstock. Layanan stok foto ini memang memiliki banyak sekali foto dengan kualitas bagus. Sayangnya Shutterstock ini merupakan layanan stok foto berbayar. Gak heran sih kan fotonya bagus-bagus. Nah bagi kamu yang ingin memakai foto dari Shutterstock secara gratis ada beberapa triknya nih. Tapi diusahakan untuk gak digunakan untuk komesil yah. Dan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Berikut adalah cara mendapatkan foto Shutterstock g…

Mengapa Cewek SMP Selalu Ingin Punya Pacar

Bukan hal rahasia lagi di Indonesia bahwa seumuran anak SMP biasanya memang sudah melakukan praktik pacaran. Mungkin hal ini dianggap wajar karena memang banyak yang melakukannya. Bahkan ada orang tua yang merasa aneh ketika anaknya yang sudah beranjak puber tidak punya pacar. Takutnya dianggap tidak laku.


Saya masih ingat, saat zaman saya masih SMP, sekitar tahun 2003, sangat jarang sekali teman saya yang berpacaran. Bahkan bisa dihitung dengan jari. Setidaknya hanya ada 2 pasang pacaran (4 orang) yang ada di kelas saya. Bayangkan, cuma 2 pasang saja dari sekitar 40 anak dalam satu kelas. Bagaimana dengan saat ini? Mungkin hanya 30% saja yang tidak pacaran di dalam satu kelas.

Mengapa bisa seperti itu? Ternyata ada beberapa hal yang membuat fenomena itu terjadi. Khususnya jika dilihat dari sisi cewek, pacaran ini banyak sekali tendesinya.

Punya Pacar = Tanda Kecantikan Banyak cewek berpikir bahwa ketika dia punya pacar maka secara tidak langsung tingkat kecantikannya langsung terveri…

Keasyikan Main Game Sampai Lupa Update Blog

Di zaman smartphone yang canggih ternyata menjadi pisau bermata dua. Selain smartphone bisa memudahkan pekerjaan manusia, ternyata juga bisa membuat rumit urusan manusia. Pasalnya salah satu contoh hal yang membuat rumit urusan manusia adalah smartphone banyak membuat orang lalai keasyikan main game atau bermedia sosial.


Begitu juga dengan saya. Akhir tahun seperti ini biasanya memang banyak sekali game baru yang dirilis. Hal ini membuat saya mencoba satu per satu game yang menurut saya menarik. Saking asyiknya main game, sampai lupa saya punya blog ini dan perlu diupdate. Hehe. Tapi mumpung lagi ingat, saya update blog ini dengan tulisan curhat seperti ini. Sampai jumpa di entri saya yang lainnya yah.